Minggu, 18 Mei 2014

Jln Kebenaran dan KehidupanMinggu 18 Mei 2014
Kis 6:1-7
1 Pada masa itu, ketika jumlah murid makin bertambah, timbullah sungut2 di antara org2 Yahudi yg berbhs Yunani thdp org2 Ibrani, krn pembagian kpd janda2 mereka diabaikan dlm pelayanan sehari-hari.2 Berhubung dg itu kedua belas rasul itu memanggil semua murid berkumpul & berkata: "Kami tidak merasa puas, krn kami melalaikan Firman Allah untuk melayani meja.3 Krn itu, saudara2, pilihlah 7 org dari antaramu, yg terkenal baik, & yg penuh Roh dan hikmat, spy kami mengangkat mereka untuk tugas itu,4 & spy kami sendiri dapat memusatkan pikiran dalam doa dan pelayanan Firman."5 Usul itu diterima baik oleh seluruh jemaat, lalu mereka memilih Stefanus, seorg yg penuh iman & RK, dan Filipus, Prokhorus, Nikanor, Timon, Parmenas dan Nikolaus, seorg penganut agama Yahudi dari Antiokhia.6 Mereka itu dihadapkan kpd rasul2, lalu rasul2 itupun berdoa dan meletakkan tangan di atas mereka.7 Firman Allah makin tersebar, dan jumlah murid di Yerusalem makin bertambah byk; juga sejumlah besar imam menyerahkan diri dan percaya.
1Ptr 2:4-9
4 Dan datanglah kpdNya, batu yg hidup itu, yg memang dibuang oleh manusia, tetapi yg dipilih dan dihormat di hadirat Allah.5 Dan biarlah kamu juga dipergunakan sbg batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, utk mempersembahkan persembahan rohani yg krn Yesus Kristus berkenan kpd Allah.6 Sebab ada tertulis dalam Kitab Suci: "Sesungguhnya, Aku meletakkan di Sion sebuah batu yang terpilih, sebuah batu penjuru yg mahal, dan siapa yg percaya kpdNya, tidak akan dipermalukan."7 Krn itu bagi kamu, yg percaya, ia mahal, tetapi bagi mereka yg tidak percaya: "Batu yg telah dibuang oleh tukang2 bangunan, telah menjadi batu penjuru, juga telah menjadi batu sentuhan dan suatu batu sandungan."8 Mereka tersandung padanya, krn mereka tidak taat kpd Firman Allah; dan untuk itu mereka juga telah disediakan.9 Tetapi kamulah bg yg terpilih, imamat yg rajani, bangsa yg kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, spy kamu memberitakan perbuatan2 yg besar dari Dia, yg telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kpd terangNya yg ajaib:
Yoh 14:1-12
1 "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kpd Allah, percayalah juga kpdKu.2 Di rumah BapaKu byk tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kpdmu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.3 Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempatKu, spy di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.4 Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ."5 Kata Tomas kpdNya: "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bgm kami tahu jalan ke situ?"6 Kata Yesus kpdnya: "Akulah jalan & kebenaran & hidup. Tidak ada seorgpun yg datang kpd Bapa, kalau tidak melalui Aku.7 Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Skrg ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia."8 Kata Filipus kpdNya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kpd kami, itu sudah cukup bagi kami."9 Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bgm engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kpd kami.10 Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dlm Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yg Aku katakan kpdmu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yg diam di dalam Aku, Dialah yg melakukan pekerjaanNya.11 Percayalah kpdKu, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak2nya, percayalah krn pekerjaan2 itu sendiri.12 Aku berkata kpdmu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kpdKu, ia akan melak juga pekerjaan2 yg Aku lakukan, bahkan pekerjaan2 yg lebih besar drpd itu. Sebab Aku pergi kpd Bapa;
Pembahasan:
Kis 6:1-7 Menyelesaikan masalah
Org2 Yahudi yg berasal dari Palestina berbicara terutama dalam bahasa Aram; tetapi org2 Yahudi yg telah tinggal di dunia Mediterania di luar wilayah Palestina memakai bahasa Yunani dan sering kali tidak bisa berbahasa Aram. Byk di antara org Yahudi Diaspora ini kembali ke Yerusalem untuk tinggal di sana, dan sebagian di antara mereka bertobat lalu menjadi angg gereja. Seiring dg perkembangannya, gereja perdana yg penuh rahmat Allah pun tetap menghadapi masalah. Masalah lain timbul, sungut2 di antara org2 Yahudi yg berbahasa Yunani (ayat 1). Secara internal, mereka menghadapi masalah sosial. Para rasul sadar bahwa telah muncul suatu situasi yg salah. Mereka tidak boleh memecah konsentrasi utama mereka. Dg cara dmk, masalah diselesaikan. Ada masalah dari luar, jua dari dlm gereja itu sendiri, sebagai konsekwensi suatu perkembangan. Hal yg paling penting adalah bgm kita bisa mengelola masalah dg baik dan benar? Belajar dari gereja perdana, prinsip utama adalah pelayanan firman tidak boleh diabaikan. Ditegaskan oleh para rasul bahwa pelayanan pastoral dan diakonia tidak lebih rendah statusnya dari pelayanan pemberitaan firman. Akhirnya gereja menyetujui apa yg diusulkan para rasul itu; dan mereka memilih tujuh diaken untuk melayani jemaat.Gereja sehat dan bertumbuh. Apa yg dilakukan para rasul merup pelajaran dan contoh yang sangat berharga bagi gereja masa kini. Prinsip pelayanan yg terkonsentrasi pada masing2 bidang ini sangat vital bagi gereja yang sehat dan bertumbuh (ay. 7)
Ada dua jenis manusia dalam bacaan ini:
(a) Stefanus, orang yang penuh iman dan Roh Kudus serta
(b) orang Yahudi yang penuh dengan kebohongan dan dengki.
Kelompok org Yahudi ini disebut Libertini, nama lain dari "org yg merdeka." Tetapi sebenarnya mereka tidak merdeka krn justru mereka adalah org yg dibelenggu oleh dosa kebencian. Sebaliknya, Stefanus adalah org yg merdeka untuk menyatakan kebenaran dan untuk tidak membenci.Kebencian adalah pembunuhan tingkat pertama yg belum direalisasikan.
Memang kita belum melakukan apa-apa, namun sesungguhnya kita telah menyusun rancangan jahat dalam benak kita. Kita tidak bisa menghalau kebencian dengan cara mengusirnya berulangkali. Memang sangat disayangkan karena kelompok Yahudi ini tidak mengisi hatinya dengan firman dan kasih Tuhan; sebaliknya, mereka malah mengisi hati mereka dengan kebohongan.
1 Ptr2:4-9 Diselamatkan untuk memberkati. 
Sebaliknya, umat Allah yg baru berdiri sekeliling Bukit Batu yg lain. Batu yg dapat didekati, 1Ptr 2:4. Korban2 yg meneguhkan perjanjian yg lama. Dua ilustrasi Petrus untuk menggambarkan kedua tugas kristiani tersebut. Pertama, ilustrasi batu hidup menunjuk kepada tugas pembangunan tubuh Kristus yaitu Gereja sebagai tugas kristiani pertama (ayat 5). Sebagaimana Kristus sudah menjadi batu penjuru bagi bangunan "rumah rohani" demikian juga, setiap anak Tuhan harus menjadi "batu hidup" untuk pembangunannya. Dg demikian, Kristus adalah dasar persekutuan anak2 Tuhan yg menjadi pengikat mereka menjadi satu. Persekutuan anak2 Tuhan ini disebut juga imamat yang rajani. Istilah imamat yang rajani menunjuk kepada fungsi imam atau "jembatan" antara manusia dan Tuhan. Hal ini berarti setiap anak Tuhan adalah imam bagi sesamanya dan alat bagi orang yang belum percaya untuk mengenal Tuhan Yesus.Kedua, ilustrasi bangsa yang kudus untuk mengungkapkan tugas kristiani kedua (ayat 9). Istilah bangsa yang kudus diambil dari Perjanjian Lama dan menunjuk kepada Israel yang dipilih Tuhan untuk menjadi bangsa yang dikhususkan (Kel. 19:6). Umat Tuhan pada masa kini bagaikan bangsa Israel rohani yang dikhususkan Tuhan untuk memberkati dunia ini. Kita dipanggil untuk menjadi saksi hidup kudus dalam bentuk persekutuan imamat yang rajani (tugas pertama), dan untuk membawa setiap orang yang belum percaya bertemu dengan Tuhan Yesus dan memperoleh keselamatan (tugas kedua). Dalam perikop ini, umat Kristen digambarkan sebagai batu hidup. Kita harus berhenti menonton dan masuk dalam karya dan rencana Allah. Allah, Arsitek Agung. Org percaya yang kudus secara pribadi dan juga jemaat yg kudus dibangun oleh Allah. Allah adalah Arsiteknya. Setiap org percaya akan diletakkan pada bagian yang tepat dalam rencana dan karya Allah, sesuai dg panggilan dan talenta masing2. Sentuhan tangan Allah menciptakan suatu komunitas (kumpulan) umat yang rajani, bangsa yang kudus dan kepunyaan Allah. Apa yang harus gereja lakukan? Gereja adalah tangan2 Kristus untuk mencari, menjangkau dan melayani Tuhan.
Yoh 14:1-14 Jalan ke rumah Bapa. 
Jalan keluar yg Dia berikan kpd mereka spy mereka tidak berat hati adalah iman. Mereka harus percaya. Kegelisahan dan iman kpd Yesus berlawanan. Dmk juga, perintah spy mereka tidak gelisah ditegaskan dalam Yoh 14:27 dan Yoh 16:33.Objek iman mereka adalah Allah, dan Tuhan Yesus. Tidak cukup bahwa mereka percaya kpd Allah yg diceritakan dalam PL. Mereka juga harus  percaya  kpd Yesus, yg sebentar lagi akan dikhianati, dihukum, dan disalibkan. Mereka menghadapi suatu krisis iman yg tak terbayangkan: Dia yg mereka kagumi & kasihi akan disalibkan sbg penjahat yg dihukum. Mereka perlu mengembangkan iman mereka spy mereka tidak hancur. Yesus mau menolong mereka spy mereka dapat bertahan sampai Dia bangkit kembali. Meski benar bahwa mereka tidak dapat mengandalkan kondisi hati mereka agar setia dan kelak sampai ke tujuan kekal, namun mereka sudah percaya dan dg terus mempercayai karya2 Yesus mereka pasti akan sampai di tujuan. Tuhan memerintahkan mereka untuk percaya. Kenyataan janji2 Allah tidak tergantung pada perasaan dan kondisi hati kita, tetapi pada Dia yg setia pada janji2Nya. Akibatnya, Dia dan hub dgNya menentukan apakah org yg mengenal Bapa akan sampai ke rumah Bapa kelak / tidak. Sang Bapa telah berkemah di dalam Yesus, shg siapa mengenal Dia, mengenal Bapa (Yoh 1:14, Yoh 14:10). Firman Bapa ada di dlmNya dan itulah yg disampaikan kpd mereka (Yoh 14:10-11).Tidak saja mengenal Bapa dan beroleh jaminan kekal di dalam Yesus, para pengikutNya akan pula melakukan pekerjaan2 Allah bahkan yg lebih besar dari itu. Pekerjaan2 besar itu adalah juga pekerjaan Yesus di dalam mereka, dan dapat terus dilakukan krn mereka mengandalkan Dia di dalam doa (Yoh14:12-13). Tempat yg kekal & tenang adalah tempat yg dijanjikan oleh Kristus bagi setiap org yg percaya kpdNya. Kristus menjanjikan bahwa Kristiani akan melakukan pekerj yg lebih besar dari apa yg telah Kristus kerjakan (Yoh 14:12). Kuncinya, percaya dan meminta kepada Bapa.
Dari ke tiga bacaan kami belajar:
1.    Tujuan orang Kristiani diselamatkan ada dua. Pertama, agar kita bisa menjadi "alat di tangan Tuhan” untuk membangun gerejaNya. Kedua, agar Tuhan dapat menggunakan kita untuk menjadi berkat bagi dunia ini. Kedua tugas ini berjalan bersama-sama di dalam diri setiap anak Tuhan.
2.    Jalan yang diberitakan Yesus dalam dunia adalah kebenaran atas segala hal, dan kehidupan yang dijanjikanNya karena Dia menyediakan tempat yg indah di surga nanti.
3.    Kemampuan dalam menanggulangi masalah membuat kita menjadi makin kuat dan makin tegar dalam segala hal, ini yang ingin diberikan Tuhan dalam kehidupan kita.
4.    Kekudusan yang mesti dipertahankan dan diperbaharui terus dalam menjaga dari serangan musuh spt iblis dan serangan manusia yang jahat adalah keutamaan dalam menerima anugrah nanti di surga.
5.    Tempat yg kekal & tenang adalah tempat yg dijanjikan oleh Yesus bagi setiap org yg percaya. Dia menjanjikan bahwa umat Kristiani akan melakukan pekerjaan yg lebih besar dari apa yg telah Kristus kerjakan (Yoh 14:12). Kuncinya, percaya dan meminta kepada Bapa.
6.    Jalan keluar supaya tidak berat hati adalah iman,kita harus percaya.Perintah spy tidak gelisah ditegaskan dalam Yoh 14:27 dan Yoh 16:33.Objek iman mereka adalah Allah, dan Tuhan Yesus. Tidak cukup bahwa mereka  percaya kpd Allah yg diceritakan dalam PL, harus  percaya jua kpd Yesus, yg sebentar lagi akan dikhianati, dihukum, dan disalibkan. Mereka menghadapi suatu krisis iman yg tak terbayangkan: Dia yg mereka kagumi & kasihi akan disalibkan sbg penjahat yg dihukum, disini iman perlu dikembangkan dan dipertahankan untuk mencapai kesempurnaan dg Bapa di surga dan Yesus sebagai PutraNya yg turun ke dunia.
7.    Sebagaimana Kristus sudah menjadi batu penjuru bagi bangunan "rumah rohani" demikian juga, setiap anak Tuhan harus menjadi "batu hidup" untuk pembangunan gereja dalam dunia.
8.    Dari masalah dan pencarian kebenaran dalam hidup nyatalah bahwa Yesus adalah jalan Kehidupan dan Kebenaran yg kita cari selama ini, berpegang teguhlah padaNya hingga akhir perjuangan kita di dunia.
9.    Cara mencapatkannya adalah pelepasan kutuk dan menyucikan diri dari segala kejahatan, membaca FT terus menerus sambil menunggu Tuhan secara terus menerus dan berjaga senantiasa, karena kedatangan Yesus ke dua tdk ada yg tau.

10.  Berpegang teguhlah pada Yesus sebagai jalan yg menunjukkan dimana surga itu berada, kebenaran akan membentengi kita selama hidup dan Mazmur memberikan perlindungan dalam kekacauan dan kejahatan yg selalu kita hadapi dalam menjalankan kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar